• Tentang Kami
  • Index Berita
Minggu, 16 November 16 2025
  • Login
Jurnal Borneo
  • Beranda
  • Jurnal Utama
  • Jurnal Kalteng
    • Jurnal Palangka Raya
    • Jurnal Kapuas
    • Jurnal Katingan
    • Jurnal Gunung Mas
    • Jurnal Kotim
    • Jurnal Kobar
    • Jurnal Seruyan
    • Jurnal Lamandau
    • Jurnal Sukamara
    • Jurnal Barsel
    • Jurnal Bartim
    • Jurnal Barut
    • Jurnal Murung Raya
    • Jurnal Pulang Pisau
  • Jurnal Legislatif
    • DPRD Kalteng
    • DPRD Kota Palangka Raya
    • DPRD Barito Selatan
    • DPRD Barito Utara
    • DPRD Barito Timur
    • DPRD Gunung Mas
    • DPRD Kapuas
    • DPRD Kotim
    • DPRD Murung Raya
    • DPRD Kotawaringin Timur
    • DPRD Kotawaringin Barat
    • DPRD Lamandau
    • DPRD Seruyan
    • DPRD Sukamara
  • Jurnal Kalimantan
    • Jurnal Kalsel
    • Jurnal Kalbar
    • Jurnal Kaltim
    • Jurnal Kaltara
  • Jurnal Global
    • Jurnal Ekonomi
    • Jurnal Republik
    • Jurnal Humaniora
    • Etalase
    • Desa Wisata
  • Jurnal Justice
  • Jurnal Sport
No Result
View All Result
Jurnal Borneo
No Result
View All Result

Diskominfosantik Prov. Kalteng Gelar Bimtek Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR!

Rabu 22 Juni 2022
in Jurnal Kalteng, Jurnal Pemprov Kalteng
Diskominfosantik Prov. Kalteng Gelar Bimtek Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR!

Diskominfosantik Prov. Kalteng Gelar Bimtek Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR!

0
SHARES
Share on FacebookShare on Twitter

PALANGKA RAYA, JurnalBorneo.co.id — Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Prov. Kalteng melalui Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR!. Kegiatan berlangsung terpusat di Aula Diskominfosantik Prov. Kalteng, Rabu (22/6/2022).

Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Kominfosantik Prov. Kalteng, Agus Siswadi. Dalam sambutannya Agus Siswadi mengatakan dalam rangka mendorong peningkatan kinerja Pemerintah, berbagai langkah perbaikan terus dilakukan untuk memastikan agar pelayanan publik semakin cepat dan efisien, sehingga masyarakat semakin dimudahkan dalam memperoleh hak-haknya.

BeritaTerkait

KIM Bintang Jaya Itah Binaan Diskominfosantik Kalteng Raih Juara Umum KIMFest 2025

Diskominfosantik Kalteng dan KIM Bintang Jaya Itah Ikuti Pembukaan KIMFest 2025 di Tangerang

GOW Barito Utara Gelar Musda Pertanggungjawaban Pengurus dan Pemilihan Ketua

Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah melalui penguatan partisipasi masyarakat melalui pengaduan pelayanan publik sebagaimana yang diatur dalam Perpres Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, sehingga diperoleh Pengelolaan Pelayanan Publik yang baik.

Dengan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang baik diharapkan adanya peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan. Hal tersebut dapat dilihat dari aspek kepentingan penyelenggara (Service Providers) dan aspek kepentingan penerima layanan (Customers).

“Seiring dengan kemajuan teknologi, Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik tidak dapat lagi dilakukan secara manual. Oleh karena itu Kemenpan RB menggunakan aplikasi layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat atau LAPOR! sebagai aplikasi yang dipergunakan untuk mengelola Pengaduan Pelayanan Publik Nasional yang terintegrasi dengan daerah yang berkelanjutan dalam suatu mekanisme tertentu,” ujar Agus.

Lebih lanjut, melalui aplikasi SP4N-LAPOR ini diharapkan akan memberikan dampak pelayanan maksimal bagi warga masyarakat, perbaikan layanan publik, dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat serta sebagai salah satu referensi dalam pengambilan keputusan dan kebijakan sebagai wujud akuntabilitas Pemerintah.

SP4N-LAPOR juga sebagai bentuk transparasi penyelenggaraan Pemerintah kepada masyarakat sehingga setiap instansi pemerintah diharuskan tersambung dengan aplikasi ini dan perlu kesungguhan dalam mengelolanya.

“Bimbingan Teknis ini diharapkan dapat membantu kita baik Pemprov Kalteng maupun Pemerintah Kab/Kota se-Kalteng dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kinerja kita dalam Pengelolaan Pengaduan Publik,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya, Agus siswadi meminta kepada para Pejabat Penghubung di setiap Perangkat Daerah dan Admin Instansi pada Pemerintah Kab/Kota se-Kalteng kiranya dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensinya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Diskominfosantik Prov. Kalteng Erwindy dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan diadakan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas Pengelola Pengaduan Pelayanan publik yang terdiri dari Admin Instansi, Provinsi dan Kab/Kota serta Pejabat Penghubung yang ada pada Perangkat Daerah lingkup Pemprov. Kalteng.

“Tujuan kegiatan ini ialah untuk meningkatkan kualitas Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan,” tandas Erwindy.

Turut hadir Pejabat Penghubung SP4N-LAPOR di Lingkungan Pemprov. Kalteng dan Kab/Kota dan para peserta Bimtek. Hadir juga Analis Pengaduan Masyarakat Kementerian PAN-RB Alfian Afan Ghafar sebagai narasumber pada kegiatan ini. (red)

 

 

 

ShareTweetSendShare
Tags: Headlines

Related Posts

KIM Bintang Jaya Itah Binaan Diskominfosantik Kalteng Raih Juara Umum KIMFest 2025

KIM Bintang Jaya Itah Binaan Diskominfosantik Kalteng Raih Juara Umum KIMFest 2025

Minggu 16 November 2025
Diskominfosantik Kalteng dan KIM Bintang Jaya Itah Ikuti Pembukaan KIMFest 2025 di Tangerang

Diskominfosantik Kalteng dan KIM Bintang Jaya Itah Ikuti Pembukaan KIMFest 2025 di Tangerang

Minggu 16 November 2025

GOW Barito Utara Gelar Musda Pertanggungjawaban Pengurus dan Pemilihan Ketua

Sabtu 15 November 2025
Bupati Tinjau Kesiapan Venue dan Pemondokan Kafilah MTQH XXXIII Kalteng di Muara Teweh

Bupati Tinjau Kesiapan Venue dan Pemondokan Kafilah MTQH XXXIII Kalteng di Muara Teweh

Sabtu 15 November 2025

Berita Terbaru

  • KIM Bintang Jaya Itah Binaan Diskominfosantik Kalteng Raih Juara Umum KIMFest 2025 Minggu 16 November 2025
  • Diskominfosantik Kalteng dan KIM Bintang Jaya Itah Ikuti Pembukaan KIMFest 2025 di Tangerang Minggu 16 November 2025
  • Dukung MTQH XXXIII Kalteng 2025, DPRD Apresiasi Upaya Maksimal Pemerintah Daerah Sabtu 15 November 2025
  • GOW Barito Utara Gelar Musda Pertanggungjawaban Pengurus dan Pemilihan Ketua Sabtu 15 November 2025
  • Bupati Tinjau Kesiapan Venue dan Pemondokan Kafilah MTQH XXXIII Kalteng di Muara Teweh Sabtu 15 November 2025


Next Post
BPBPK Prov. Kalteng Salurkan Bantuan Gubernur Untuk Korban Kebakaran Pemukiman di Barut dan Mura

BPBPK Prov. Kalteng Salurkan Bantuan Gubernur Untuk Korban Kebakaran Pemukiman di Barut dan Mura

© 2020 Jurnal Borneo

  • Tentang Kami
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Pedoman Media Siber
  • Perlindungan Wartawan

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Jurnal Utama
  • Jurnal Kalteng
    • Jurnal Palangka Raya
    • Jurnal Kapuas
    • Jurnal Katingan
    • Jurnal Gunung Mas
    • Jurnal Kotim
    • Jurnal Kobar
    • Jurnal Seruyan
    • Jurnal Lamandau
    • Jurnal Sukamara
    • Jurnal Barsel
    • Jurnal Bartim
    • Jurnal Barut
    • Jurnal Murung Raya
    • Jurnal Pulang Pisau
  • Jurnal Legislatif
    • DPRD Kalteng
    • DPRD Kota Palangka Raya
    • DPRD Barito Selatan
    • DPRD Barito Utara
    • DPRD Barito Timur
    • DPRD Gunung Mas
    • DPRD Kapuas
    • DPRD Kotim
    • DPRD Murung Raya
    • DPRD Kotawaringin Timur
    • DPRD Kotawaringin Barat
    • DPRD Lamandau
    • DPRD Seruyan
    • DPRD Sukamara
  • Jurnal Kalimantan
    • Jurnal Kalsel
    • Jurnal Kalbar
    • Jurnal Kaltim
    • Jurnal Kaltara
  • Jurnal Global
    • Jurnal Ekonomi
    • Jurnal Republik
    • Jurnal Humaniora
    • Etalase
    • Desa Wisata
  • Jurnal Justice
  • Jurnal Sport

Copyright © 2017 JNews.

Berita tahu setiap ada berita terbaru OK Tidak