Palangka Raya, Jurnalborneo.co.id – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Subandi, bersama jajaran Komisi I meninjau secara langsung kualitas pelayanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).
“Hal ini menindaklanjuti adanya efisiensi anggaran di Disdukcapil Kota Palangka Raya, sehingga kami ingin memastikan meskipun terdampak instruksi presiden, pelayanan tetap berjalan optimal,” katanya di Palangka Raya, Selasa.
Dari hasil kunjungan tersebut, ia mengapresiasi Disdukcapil Kota Palangka Raya yang tetap memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat untuk melayani kepengurusan administrasi kependudukan.
Terlebih dengan adanya inovasi Si-DOI, yang memudahkan masyarakat mendaftar administrasi kependudukan melalui internet, sehingga ketika tiba di kantor Disdukcapil, masyarakat selanjutnya diarahkan ke loket yang menjadi tujuannya.
“Penggunaan Si-DOI tadi bisa diakses di rumah dan di mana saja dengan menggunakan handphone masing-masing. Ini bentuk komitmen pemerintah kota untuk melayani masyarakat,” ucapnya.
Subandi juga mengungkapkan, berdasarkan informasi dari Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya, pada 2025 ini pihaknya mengalami sejumlah kekosongan pada posisi operator atau administrasi.tim