• Tentang Kami
  • Index Berita
Minggu, 5 Oktober 5 2025
  • Login
Jurnal Borneo
  • Beranda
  • Jurnal Utama
  • Jurnal Kalteng
    • Jurnal Palangka Raya
    • Jurnal Kapuas
    • Jurnal Katingan
    • Jurnal Gunung Mas
    • Jurnal Kotim
    • Jurnal Kobar
    • Jurnal Seruyan
    • Jurnal Lamandau
    • Jurnal Sukamara
    • Jurnal Barsel
    • Jurnal Bartim
    • Jurnal Barut
    • Jurnal Murung Raya
    • Jurnal Pulang Pisau
  • Jurnal Legislatif
    • DPRD Kalteng
    • DPRD Kota Palangka Raya
    • DPRD Barito Selatan
    • DPRD Barito Utara
    • DPRD Barito Timur
    • DPRD Gunung Mas
    • DPRD Kapuas
    • DPRD Kotim
    • DPRD Murung Raya
    • DPRD Kotawaringin Timur
    • DPRD Kotawaringin Barat
    • DPRD Lamandau
    • DPRD Seruyan
    • DPRD Sukamara
  • Jurnal Kalimantan
    • Jurnal Kalsel
    • Jurnal Kalbar
    • Jurnal Kaltim
    • Jurnal Kaltara
  • Jurnal Global
    • Jurnal Ekonomi
    • Jurnal Republik
    • Jurnal Humaniora
    • Etalase
    • Desa Wisata
  • Jurnal Justice
  • Jurnal Sport
No Result
View All Result
Jurnal Borneo
No Result
View All Result

Kelas Klinik Bisnis Vol 1 Semester 2  Ungkap Rahasia Top of Mind Awareness (TOMA) dalam Branding Usaha

Jumat 12 Agustus 2022
in Etalase, Jurnal Kalteng, Jurnal Palangka Raya
0
SHARES
Share on FacebookShare on Twitter

PALANGKA RAYA, JurnalBorneo.co.id — Tidak terasa Klinik Bisnis telah memasuki semester kedua di tahun ini. Sebagai pembuka di semester 2 ini, Klinik Bisnis menghadirkan seorang Personal Branding Strategist yang telah berpengalaman di bidangnya. Merupakan lead consultant & founder dari itsWilliamldj Circle X sebuah platform branding yang berpusat di Jakarta, selain itu juga pernah menjadi staf digital marketing iTalki di Shanghai, PRC China, dia adalah William Lukmandjaja, MBA.

Bersama dengan William, Klinik Bisnis meangkat tema Top of Mind Awareness atau yang sering disingkat TOMA. Bagi yang mempelajari dunia branding pasti sudah tak asing lagi dengan konsep TOMA ini. Namun, berbeda dengan yang belum mengetahui tentu akan kebingungan memahaminya. Untuk itulah Klinik Bisnis mengangkat tema tersebut dalam KKB Vol 1.2 ini.

BeritaTerkait

Peringatan Hari Jadi ke-66 Kobar Berlangsung Khidmat, Gubernur Pimpin Upacara

Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik 2025 Usai, Peserta Siap Jadi Penggerak Inovasi Layanan

BKD Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Asistensi SIASN

“Pentingnya mengenalkan konsep identitas brand dalam setiap usaha, maka oleh karena itu kami menggagas tema Top of Mind Awareness atau TOMA sebagai upaya kami untuk mendorong para penggiat UMKM agar lebih semangat dalam meningkatkan kekuatan branding usaha mereka,” kata Muhammad Asary, koordinator Klinik Bisnis.

Top of Mind Awareness merupakan sebuah konsep yang membuat brand dapat dikenal luas bahkan diingat jelas oleh konsumen. Konsep tersebut tak terlepas dari karakteristik/keunikan sebuah produk atau brand itu sendiri.

Dalam pemaparannya melalui zoom meeting, William Lukmandjaja, MBA menjelaskan terkait hal-hal penting agar mencapai Top of Mind konsumen.

“Agar Brand kita menjadi brand pertama yang diingat oleh costumer ketika membicarakan sebuah produk atau jasa tertentu, tentu ada fase-fase yang harus dilalui, kita perlu mengenal brand kita sendiri, mengenal konsumen, membangun kekuatan & kesadaran melalui konten marketing, hingga rahasia jitu yang perlu diimplementasikan dalam sebuah brand,” jelas William.

Pria yang saat ini sedang menempuh program doctor of business administration di Swiss School of Business and Management ini juga menyebutkan bahwa dalam mengenal brand, kita terlebih dahulu harus mengetahui tujuan, keunikan/karakteristik, hingga pengalaman yang sudah kita berikan melalui brand yang kita miliki.

“Kenali dulu brandmu, baru kemudian kamu dapat mengenalkannya kepada orang lain. Pastikan brandmu memiliki tujuan tertentu bukan sekedar orientasinya uang, cari tahu apa keunikan brand, dan berikan pengalaman yang dapat membuat setiap orang ingat dengan brand mu,” ujar William.

“Pastikan juga kamu mengenal konsumenmu, apa masalah mereka, bagaimana karakteristik mereka, dan melalui media apa mereka lebih aktif berinteraksi,” tambahnya.

Diselingi dengan analogi yang mudah dipahami membuat peserta yang mengikuti kelas menjadi sangat antusias dan lebih fokus dalam mendengarkan pemaparan alumni Master of Business Administration di Nexford University ini.

“Beberapa kali William memberikan contoh kepada para mitra Klinik Bisnis dan peserta lainnya hingga membantu mereka menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi dalam brand usaha,” ungkap Norpita Sari, Kepala Bidang UMKM Klinik Bisnis.

Di akhir pemaparannya, William memberikan 3 rahasia yang perlu diterapkan agar brand kita dikenal dan diingat oleh konsumen, yaitu Relationship, Experience, dan Exposure. Pertama, bangun hubungan yang baik dengan calon konsumen hingga konsumen tetap mu (contohnya melalui pelayanan yang baik). Kedua, ciptakan pengalaman luar biasa yang dapat menyentuh emosi mereka seperti hal-hal yang membuat mereka senang bahkan bangga bisa membeli produkmu (contohnya memperhatikan hal-hal sederhana hingga menjual produk dengan kualitas yang bagus). Terakhir, pastikan kamu konsisten mengunggah konten atau mempromosikan brandmu.

William juga berpesan untuk memulai sesuatu, termasuk bisnis dengan rasa cinta. Cinta terhadap produk dan cinta akan Tuhan. Seperti tujuan dari bisnis yang ia jalani yaitu #startwithlove. (Red)

ShareTweetSendShare
Tags: Headlines

Related Posts

Peringatan Hari Jadi ke-66 Kobar Berlangsung Khidmat, Gubernur Pimpin Upacara

Peringatan Hari Jadi ke-66 Kobar Berlangsung Khidmat, Gubernur Pimpin Upacara

Jumat 3 Oktober 2025
Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik 2025 Usai, Peserta Siap Jadi Penggerak Inovasi Layanan

Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik 2025 Usai, Peserta Siap Jadi Penggerak Inovasi Layanan

Jumat 3 Oktober 2025
BKD Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Asistensi SIASN

BKD Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Asistensi SIASN

Jumat 3 Oktober 2025
Dinas TPHP Prov Kalteng Dukung Pengawasan Mutu Produk Beras SPHP Bulog

Dinas TPHP Prov Kalteng Dukung Pengawasan Mutu Produk Beras SPHP Bulog

Kamis 2 Oktober 2025

Berita Terbaru

  • Nopri Setiawan Ambil Alih Kemudi Korfball Kalteng, Siap Bawa Cabor “KAIJE” ke Era Digital Sabtu 4 Oktober 2025
  • Peringatan Hari Jadi ke-66 Kobar Berlangsung Khidmat, Gubernur Pimpin Upacara Jumat 3 Oktober 2025
  • Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik 2025 Usai, Peserta Siap Jadi Penggerak Inovasi Layanan Jumat 3 Oktober 2025
  • BKD Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Asistensi SIASN Jumat 3 Oktober 2025
  • Dinas TPHP Prov Kalteng Dukung Pengawasan Mutu Produk Beras SPHP Bulog Kamis 2 Oktober 2025


Next Post
Peringati HUT Polwan, Kapolres Seruyan Olahraga Bersama

Peringati HUT Polwan, Kapolres Seruyan Olahraga Bersama

© 2020 Jurnal Borneo

  • Tentang Kami
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Pedoman Media Siber
  • Perlindungan Wartawan

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Jurnal Utama
  • Jurnal Kalteng
    • Jurnal Palangka Raya
    • Jurnal Kapuas
    • Jurnal Katingan
    • Jurnal Gunung Mas
    • Jurnal Kotim
    • Jurnal Kobar
    • Jurnal Seruyan
    • Jurnal Lamandau
    • Jurnal Sukamara
    • Jurnal Barsel
    • Jurnal Bartim
    • Jurnal Barut
    • Jurnal Murung Raya
    • Jurnal Pulang Pisau
  • Jurnal Legislatif
    • DPRD Kalteng
    • DPRD Kota Palangka Raya
    • DPRD Barito Selatan
    • DPRD Barito Utara
    • DPRD Barito Timur
    • DPRD Gunung Mas
    • DPRD Kapuas
    • DPRD Kotim
    • DPRD Murung Raya
    • DPRD Kotawaringin Timur
    • DPRD Kotawaringin Barat
    • DPRD Lamandau
    • DPRD Seruyan
    • DPRD Sukamara
  • Jurnal Kalimantan
    • Jurnal Kalsel
    • Jurnal Kalbar
    • Jurnal Kaltim
    • Jurnal Kaltara
  • Jurnal Global
    • Jurnal Ekonomi
    • Jurnal Republik
    • Jurnal Humaniora
    • Etalase
    • Desa Wisata
  • Jurnal Justice
  • Jurnal Sport

Copyright © 2017 JNews.

Berita tahu setiap ada berita terbaru OK Tidak