• Tentang Kami
  • Index Berita
Senin, 6 Oktober 6 2025
  • Login
Jurnal Borneo
  • Beranda
  • Jurnal Utama
  • Jurnal Kalteng
    • Jurnal Palangka Raya
    • Jurnal Kapuas
    • Jurnal Katingan
    • Jurnal Gunung Mas
    • Jurnal Kotim
    • Jurnal Kobar
    • Jurnal Seruyan
    • Jurnal Lamandau
    • Jurnal Sukamara
    • Jurnal Barsel
    • Jurnal Bartim
    • Jurnal Barut
    • Jurnal Murung Raya
    • Jurnal Pulang Pisau
  • Jurnal Legislatif
    • DPRD Kalteng
    • DPRD Kota Palangka Raya
    • DPRD Barito Selatan
    • DPRD Barito Utara
    • DPRD Barito Timur
    • DPRD Gunung Mas
    • DPRD Kapuas
    • DPRD Kotim
    • DPRD Murung Raya
    • DPRD Kotawaringin Timur
    • DPRD Kotawaringin Barat
    • DPRD Lamandau
    • DPRD Seruyan
    • DPRD Sukamara
  • Jurnal Kalimantan
    • Jurnal Kalsel
    • Jurnal Kalbar
    • Jurnal Kaltim
    • Jurnal Kaltara
  • Jurnal Global
    • Jurnal Ekonomi
    • Jurnal Republik
    • Jurnal Humaniora
    • Etalase
    • Desa Wisata
  • Jurnal Justice
  • Jurnal Sport
No Result
View All Result
Jurnal Borneo
No Result
View All Result

Kelas Klinik Bisnis Vol.3.2 Kupas Strategi Branding Agar Trending Bersama Konsultan Brand, Indah Jiwandono

Selasa 13 September 2022
in Jurnal Kalteng, Jurnal Pemprov Kalteng
0
SHARES
Share on FacebookShare on Twitter

Palangka Raya-jurnalborneo.co.id –Kelas Klinik Bisnis telah memasuki volume ke-3 di Semester 2 ini. Tema Strategi Branding Agar Trending digagas dalam kelas kali ini. Khusus untuk kelas ini Klinik Bisnis menghadirkan seorang Konsultan Brand yang juga sekaligus pengusaha, dia adalah Indah Jiwandono. Perempuan kelahiran Jakarta, 7 November 1990  ini telah fokus pada pengembangan brand sejak 2013 dan mulai menjadi brand konsultan untuk brand UMKM tahun 2019.

“Sejalan dengan tema yang kami angkat dalam KKB Vol.3.2 ini, kami menghadirkan pemateri yang memiliki semangat besar untuk membantu UMKM memahami strategi dalam penciptaan brand,” kata Muhammad Asary, Koordinator Klinik Bisnis.

BeritaTerkait

Peringatan Hari Jadi ke-66 Kobar Berlangsung Khidmat, Gubernur Pimpin Upacara

Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik 2025 Usai, Peserta Siap Jadi Penggerak Inovasi Layanan

BKD Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Asistensi SIASN

Dalam pemaparannya, Indah menjelaskan berbagai strategi branding yang dapat mendorong sebuah brand menjadi trending di masyarakat luas. Macam-macam strategi tersebut adalah strategi diferensiasi, strategi pemilihan produk, dan strategi penamaan.

“Ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan dalam menciptakan trend pada sebuah brand, yaitu strategi diferensiasi yang berfokus pada proses penentuan karakteristik/ciri khas sebuah brand agar tampil berbeda dan sulit untuk ditiru. Selanjutnya strategi pemilihan produk, dan strategi penamaan brand,” jelas Indah.

Strategi pemilihan produk terbagi lagi macam-macamnya, dimana terdapat 4 (empat) kategori pemilihan produk.
“4 (empat) strategi pemilihan produk adalah inovator dengan melakukan inovasi produk atau menciptakan sebuah produk baru, kemudian Early Adapter dengan mencari produk yang potensial dan belum banyak kompetitor, strategi berikutnya Early Majority, dan Late Majority,” lanjut Indah.

Dalam penyampainnya, alumni komunikasi periklanan ini juga mengingatkan jika ingin memilih menjual produk yang sedang ramai memang marketnya besar, tapi juga harus ingat bahwa kompetisinya juga besar. Alhasil strategi yang bisa dilakukan hanya banting harga. Sehingga strategi pemilihan produk yang aman adalah antara inovator atau Early adapter.

Kemudian strategi penamaan juga merupakan salah satu hal penting dalam menciptakan trending pada sebuah brand. Nama brand yang tepat, memiliki makna dan ciri khas akan mampu mengubah persepsi konsumen dan memunculkan nilai untuk brand tersebut.

Perempuan yang hobi menulis ini juga memberikan contoh analisis studi kasus yang memudahkan peserta memahami penyampaian materinya, dengan menunjukkan beberapa brand yang berhasil ditanganinya. Indah menyampaikan produk-produk tersebut memiliki perbedaan yang signifikan dari produk sejenisnya. Diantaranya susu almond pelancar ASI dikemas dalam bentuk powder, bukan kemasan siap minum seperti dijual pada umumnya. Kemudian produk parfum dengan diferensiasi pelayanan yang ramah dan bisa refund. Hal-hal demikian yang mampu menghasilkan review positif dari konsumen.

“Hal yang penting juga untuk diketahui, dalam penamaan brand pada strategi branding ada pola-pola tertentu yaitu segmentasi (pengelompokan market), pola targeting (penentuan brand ekspansi), positioning (penguatan brand market), dan diferensiasi (karakteristik/pembeda brand)”, tutur Indah.

Di akhir, Indah memberikan semangat dan motivasi kepada para penggiat UMKM untuk terus melangkah maju dan selalu berinovasi dalam menciptakan brand yang unggul dan berkualitas. Menurutnya tidak ada yang tidak mungkin, jika dilakukan dengan usaha yang sungguh-sungguh dan komitmen yang kuat.

Dalam kesempatan yang berbeda, CEO Klinik Bisnis, Monica Putri Rasyid menyampaikan harapannya semoga Kelas Klinik Bisnis ini selalu memberikan manfaat dan dampak yang besar bagi perkembangan para penggiat UMKM, baik mitra binaan Klinik Bisnis maupun peserta umum yang lainnya.

Monica juga menyampaikan apresiasi atas semangat para penggiat UMKM dan peserta yang sangat luar biasa terhadap Kelas Klinik Bisnis..(red).

ShareTweetSendShare

Related Posts

Peringatan Hari Jadi ke-66 Kobar Berlangsung Khidmat, Gubernur Pimpin Upacara

Peringatan Hari Jadi ke-66 Kobar Berlangsung Khidmat, Gubernur Pimpin Upacara

Jumat 3 Oktober 2025
Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik 2025 Usai, Peserta Siap Jadi Penggerak Inovasi Layanan

Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik 2025 Usai, Peserta Siap Jadi Penggerak Inovasi Layanan

Jumat 3 Oktober 2025
BKD Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Asistensi SIASN

BKD Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Asistensi SIASN

Jumat 3 Oktober 2025
Dinas TPHP Prov Kalteng Dukung Pengawasan Mutu Produk Beras SPHP Bulog

Dinas TPHP Prov Kalteng Dukung Pengawasan Mutu Produk Beras SPHP Bulog

Kamis 2 Oktober 2025

Berita Terbaru

  • Nopri Setiawan Ambil Alih Kemudi Korfball Kalteng, Siap Bawa Cabor “KAIJE” ke Era Digital Sabtu 4 Oktober 2025
  • Peringatan Hari Jadi ke-66 Kobar Berlangsung Khidmat, Gubernur Pimpin Upacara Jumat 3 Oktober 2025
  • Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik 2025 Usai, Peserta Siap Jadi Penggerak Inovasi Layanan Jumat 3 Oktober 2025
  • BKD Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Asistensi SIASN Jumat 3 Oktober 2025
  • Dinas TPHP Prov Kalteng Dukung Pengawasan Mutu Produk Beras SPHP Bulog Kamis 2 Oktober 2025


Next Post
Lagi… Laka Maut di Trans Kalimantan Desa Henda, Satu Nyawa Melayang

Lagi... Laka Maut di Trans Kalimantan Desa Henda, Satu Nyawa Melayang

© 2020 Jurnal Borneo

  • Tentang Kami
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Pedoman Media Siber
  • Perlindungan Wartawan

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Jurnal Utama
  • Jurnal Kalteng
    • Jurnal Palangka Raya
    • Jurnal Kapuas
    • Jurnal Katingan
    • Jurnal Gunung Mas
    • Jurnal Kotim
    • Jurnal Kobar
    • Jurnal Seruyan
    • Jurnal Lamandau
    • Jurnal Sukamara
    • Jurnal Barsel
    • Jurnal Bartim
    • Jurnal Barut
    • Jurnal Murung Raya
    • Jurnal Pulang Pisau
  • Jurnal Legislatif
    • DPRD Kalteng
    • DPRD Kota Palangka Raya
    • DPRD Barito Selatan
    • DPRD Barito Utara
    • DPRD Barito Timur
    • DPRD Gunung Mas
    • DPRD Kapuas
    • DPRD Kotim
    • DPRD Murung Raya
    • DPRD Kotawaringin Timur
    • DPRD Kotawaringin Barat
    • DPRD Lamandau
    • DPRD Seruyan
    • DPRD Sukamara
  • Jurnal Kalimantan
    • Jurnal Kalsel
    • Jurnal Kalbar
    • Jurnal Kaltim
    • Jurnal Kaltara
  • Jurnal Global
    • Jurnal Ekonomi
    • Jurnal Republik
    • Jurnal Humaniora
    • Etalase
    • Desa Wisata
  • Jurnal Justice
  • Jurnal Sport

Copyright © 2017 JNews.

Berita tahu setiap ada berita terbaru OK Tidak