Produk Lokal Diborong Anak-anak hingga Bunda-bunda
Gunung Mas-jurnalborneo.co.id
PT SKS Listrik Kalimantan kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pelaku usaha lokal melalui partisipasi UMKM binaannya dalam kegiatan Festival Literasi Kabupaten Gunung Mas, 19 – 20 Juni 2025.
Bertempat di lokasi pameran utama Festival Literasi, kegiatan ini menghadirkan stand bazar produk lokal yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung dari berbagai kalangan.
Dalam kegiatan ini, UMKM binaan memamerkan 10 jenis produk makanan ringan lokal seperti keripik singkong, kue kering tradisional, dan camilan sehat lainnya, dengan jumlah total 150 pcs.
Produk-produk tersebut terjual laris manis, diborong oleh anak-anak sekolah, orang tua murid, hingga para bunda yang antusias mendukung produk UMKM lokal.
Selain penjualan langsung (B2C), kegiatan ini juga menjadi ajang praktik nyata Business to Business (B2B) bagi pelaku UMKM, sekaligus sebagai sarana untuk melatih promosi, pengemasan, dan manajemen stok.
Kegiatan ini didampingi langsung oleh Miranda Puspita Ramadhani, selaku Head of CSR PT SKS Listrik Kalimantan, yang turut memantau dan memberikan semangat kepada para pelaku usaha.
Dalam keterangannya, Miranda menyatakan bahwa keterlibatan UMKM dalam acara literasi ini adalah bentuk sinergi antara pendidikan dan ekonomi kerakyatan.
“Festival ini bukan hanya soal literasi baca-tulis, tapi juga literasi ekonomi bagi UMKM lokal. Kami bangga produk binaan kami mendapat tempat di hati masyarakat,” ungkap Miranda.
Dengan semangat kolaboratif, kegiatan ini sejalan dengan SDGs Nomor 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) dan SDGs Nomor 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan), di mana PT SKS Listrik Kalimantan terus berupaya menciptakan dampak berkelanjutan bagi masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.(red).